Pages

Senin, 03 November 2014

Bakpao Isi Coklat dengan Chesa Pao Mix dari Bogasari - Bahan Bakpao Praktis

Hari minggu lalu, tanggal 2 November 2014, saya memutuskan untuk mencoba Bakpao Mix yang ada di pasaran. Saya coba untuk teman-teman dan mama saya yang biasanya tidak membuat bakpao dan tidak menyimpan stok bahan untuk roti atau bolu. Dengan paket pao mix ini, tidak akan ada bahan tersisa, sehingga tidak memusingkan dalam penyimpanan, dan bahan yang dibeli tidak terbuang.

Saya beli Chesa Pao Mix di toko swalayan langganan, dengan harga sekitar Rp 14.000 s/d Rp 15.000, saya lupa persisnya berapa. Disitu tertulis 3 langkah mudah dalam pembuatan, dan dalam paket bahan ini, sudah tersedia lengkap tepung, ragi, shortening (mentega putih), sampai plastik untuk proses fermentasi dan kertas untuk bakpao juga lengkap. Tugas kita adalah menambahkan air dingin sejumlah 160 gram, dan memikirkan apa isi yang kita inginkan untuk bakpao. Saya memutuskan untuk mendayagunakan coklat batangan stok saya di kulkas. Hasilnya adalah seperti di gambar sebelah ini. Teksturnya lembut, Bakpaonya putih dan menggiurkan. Rasanya pun enak. Sangat saya rekomendasikan untuk yang jarang membuat kue atau roti, namun ingin membuat bakpao sendiri. Praktis dan hasil OK !!



Berikut saya ikuti langkah-langkah yang tertera di Kemasan Chesa Pao Mix.






















1. Campur Tepung dengan ragi,
2. Tambahkan air es 160 gram,
3. Aduk dengan garpu, dan uleni sampai rata,
4. Setelah rata, tambahkan shortening / mentega putih
5. Uleni kembali selama 30 menit. 
6. Bulatkan menjadi 12 adonan dengan berat masing-masing 50 grm (saya dapat adonan lebih, sehingga saya dapat 12 adonan @50 gram dan 1 adonan mungil)
7. Tutup dengan plastik, dan diamkan 10 menit.
8. Siapkan isi. saya menggunakan coklat stok di kulkas saya. 
9. Setelah didiamkan 10 menit, buka dan pipihkan adonan, kemudian isi dan bentuk. Setelah dibentuk, ditutup kembali selama 50 menit.
10. Siapkan kukusan, tutup kukusan dilapisi dengan kain bersih untuk mencegah air menetes ke bakpao, jika air sudah mendidih, kukus bakpao selama 10 menit.
11. Bakpao lembut dan sedap siap disantap !!

Mudah-mudahan ulasan saya berguna ya.. ini ga dimaksudkan sebagai iklan loh... coba-coba saja.. :)


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...