Pages

Kamis, 09 Oktober 2014

Tom Yam a la Saya :D

Beberapa tahun yang lalu, sewaktu masih tinggal di Tangerang, saya sempat terobsesi dengan Tom Yam, masakan Thailand yang asam dan menyegarkan. Waktu itu setelah sedikit percobaan, saya akhirnya bisa membuat Tom Yam Udang yang menurut juru cicip saya (LJS) sudah sangat mendekati Autentic Thai Tom Yam  :D 

Satu hal, walaupun saya bangga sudah bisa menghasilkan Sup Tom Yam yang enak, namun menurut saya masih ada kekurangan yang belum sempat saya sempurnakan sampai sekarang.. Saya masih menggunakan Tom Yam Paste jadi yang dapat dibeli di pasaran :D hahaha.. Saya telah berjanji pada diri sendiri untuk suatu saat akan mencoba membuat Tom Yam Paste sendiri, namun sampai hari ini belum saya laksanakan.. Mudah-mudahan suatu hari nanti ya :)

Foto-foto sudah tidak ada, karena sudah lama sekali, entah kemana kumpulan foto saya yang lama.. 

Baik, ini sedikit langkah-langkah untuk pembuatan Tom Yam yang mantap..

Membeli Tom Yam Paste
Selama percobaan memasak tom yam, saya baru menemukan 2 instant paste untuk tomyam yang menurut saya enak. Yah, jika nanti saya menemukan yang merk lain, pasti saya update ya blog ini. Berikut gambarnya :
 
Nah, salah satu dari 2 merk bumbu instant tom yam ini selalu ada di lemari pendingin rumah, karena memang tidak hanya saya gunakan untuk membuat sup saja, namun juga sekalian saya gunakan untuk membuat nasi goreng dengan bumbu tomyam jika sedang ingin.

Berikutnya, mari kita tengok cara membuat Sup.

Bahan isi : 
Udang Segar, besarnya sesuai selera, (potong kumisnya, buang. pisahkan kepala dengan badan, jika ingin kupas kulitnya dan bersihkan badan udang, simpan di chiller untuk dimasak nanti sewaktu akan disajikan)
Tom Yam Pasta
Jamur Merang / Straw Mushroom
Cabai Rawit Merah
Jeruk Nipis
Lengkuas
Sereh / Lemongrass
Daun Jeruk Purut
Daun ketumbar / Yamsui
Sayur lain jika mau, misalnya wortel atau tahu putih.

Membuat Kaldu Udang
Sewaktu membersihkan udang, jangan buang kepala, ekor dan cangkangnya. kepala ekor dan cangkang ini direbus bersama dengan sereh dan lengkuas yang sudah dikeprak, dan daun jeruk. Jika sudah keruh dan kaldu sudah terbentuk, saring sehingga tinggal kuah saja. Buang kepala udang, cangkang dan ekor, bersama dengan lengkuas, sereh dan daun jeruk.

Membuat Sup
Kaldu yang sudah dibuat diberi tomyam paste, setelah tercampur rata, dicoba, jika belum terasa enak, boleh tambahkan kaldu instant. Saran saya sih, beli udangnya yang banyak dan besar, jadi nanti kaldu udangnya tidak perlu tambahan kaldu instant. Jika merasa kurang asam atau kurang pedas, tambahkan cabai rawit merah dan jeruk nipis sesuai selera. Saya biasanya tambahkan sedikit air jeruk dan potongan besar cabai, atau cabai yang bulat saja tanpa dipotong, sekalian untuk hiasan. Tambahkan jamur merang dan sayur lain di tahap ini.

Menyajikan
Sewaktu hendak disajikan, panaskan sup yang sudah disiapkan sebelumnya, rebus udang yang sudah dibersihkan dan disimpan di chiller sejumlah yang akan dimakan. Saya biasa menggunakan saringan supaya mudah di angkat, karena memasak udangnya tidak perlu lama, cukup sampai udang berwarna merah, kemudian diangkat, di letakkan di mangkuk saji. Siram dengan kuah dan sayur lain yang diinginkan, kemudian hias dengan yamsui. Saya sangat suka tomyam dengan yamsui yang banyak, karena memberi tambahan rasa khas di lidah.

Siap disantap !! Selamat mencoba ya. Jika saya sudah sempat mencoba takaran-takaran, pasti saya update ya posting-an ini. Hehehe...


4 komentar:

tita butler mengatakan...

Emang nasgor pake bumbu tomyam enak jg ya bel?

tita butler mengatakan...

Yamsui teh naon?

Unknown mengatakan...

beli bumbu tomyam yang unggu dmana ?

Kharim mengatakan...

belinya dimana ya sis?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...