Pages

Senin, 20 Oktober 2014

Muffin Ketan Hitam : Panggang dan Kukus

Sebulan yang lalu saya membeli 250 gr tepung ketan hitam. Saya sangat ingin mencoba resep-resep kue ketan hitam yang ada di beberapa website dan blog yang saya baca. Akhirnya saya memutuskan untuk mempraktekan 1 resep muffin (yang anti gagal) dari Mba Endang - JTT. Kebetulan jumlah tepung ketan hitam yang digunakan di resep adalah 250 gr, jadi sesuai dengan persediaan tepung ketan hitam saya :D 

Menurut Mba Endang, dengan resep ini saya akan menghasilkan 10 muffin dengan diameter kira-kira 7,5 cm. Loyang cup cake saya ada 1 saja, jumlahnya 6, sedangkan loyang tersebut tidak bisa dimuat dalam kukusan saya. Akhirnya saya memutuskan menggunakan loyang cup cake tersebut untuk muffin yang di panggang, dan untuk mengukus saya gunakan loyang brownies yang ukurannya kecil... Jadi dengan 1 resep ini saya menghasilkan 6 muffin cup, dan 1 loyang kecil muffin kukus. Ternyata saya lebih suka rasa muffin kukusnya, walaupun rasa muffin panggangnya tidak kalah enak. Masalah selera aja.. :)



Berikut bahannya :

150 gr gula pasir

2 butir telur 
235 ml susu cair (saya pakai susu bubuk dicampur air)
100 ml minyak goreng (saya pakai minyak kelapa)
1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanila bubuk (saya pakai vanila bubuk)
250 gr tepung ketan hitam
2 sendok teh baking powder (saya pakai baking powder merk kupu-kupu, kalau Mba Endang pakai double acting baking powder merk Hercules)
1/4 sendok teh garam
120 gram keju cheddar parut (saya tidak pakai)

Cara Membuat :


1. Ayak tepung ketan hitam dengan baking powder dan garam, sisihkan

2. Siapkan susu cair
3. Di mangkuk besar, siapkan 2 butir telur, minyak goreng dan gula, aduk sampai menyatu, 
4. Tambahkan campuran tepung dan susu cair bergantian, aduk secukupnya hingga tercampur rata, 
5. Tuang dalam loyang yang sudah dioles minyak.
6. Kukus dalam kukusan yang telah di panaskan, dan panggang dalam oven yang sudah dipanaskan di suhu 175C sampai matang (tusuk untuk mengetes, jika sudah matang, tusuk yang digunakan akan tetap kering).

Sekali lagi, saya lebih suka yang kukus dibandingkan dengan yang panggang, tapi keduanya rasanya enak.

Links:
Muffin Kukus Ketan Hitam dan Keju JTT
Muffin Ketan Hitam JTT

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...