Pages

Selasa, 21 Oktober 2014

Steamed Bun / Roti Kukus / Bakpao Isi Fiesta Seafood - Shrimp Roll + Abon Sapi

20 Oktober 2014, hari Mr Joko Widodo dilantik jadi Presiden RI yang ke 7, membawa berkat lain untuk saya.. Dengan ijin dari HRD dan Pimpinan, kami semua pulang ke rumah lebih awal dari biasa. Jam 2 siang, saya  sudah di TOKEM alias Toko Kemanggisan, tempat saya biasa belanja. Jadi deh kemarin saya belanja beras dan beberapa persediaan lainnya. Selain itu, saya juga memutuskan untuk mencoba mengeksekusi Roti Kukus alias Bakpao untuk pertama kalinya. Saya sedang tidak stok tepung cakra, dan bertekat untuk menghabiskan dulu tepung kunci saya, jadi kali ini saya tidak pakai tepung Pao, tapi tepung kunci. :D

Saya memutuskan untuk coba resep dari Mba Endang JTT yang anti gagal, dan buat untuk 1/2 resep saja, mengingat penghuni rumah saya cuma 2 ekor, hehehe. Sewaktu membuat ini, saya sedikit salah, air hangat kuku yang seharusnya saya pakai, lebih panas dari yang seharusnya, sehingga saya sangat khawatir dalam proses selanjutnya, apakah  bakpao ini bisa sukses mengembang dengan bagus... :D Akhirnya setelah 30 menit saya tunggu, dan menurut saya kurang bagus perkembangannya, saya tambah 1/4 sendok teh ragi instant. Saya pikir, daripada adonan tidak mengembang. Setelah saya tambahkan ragi, akhirnya adonan mengembang sukses, dan hasil akhirnya sangaaaaat empuk, halus dan enak luar biasa (ngalem ya :D).

Setelah mengamati dan menulis ulang resep disini, saya tiba-tiba sadar, bahwa saya menambahkan terlalu banyak mentega putih. Seharusnya saya tambahkan 2-1/2 sendok teh, saya tambahkan sesuai ukuran 1 resep yaitu 5 sendok teh !! Terjawab sudah, apa yang membuat adonan saya sangaaaat lembut dan lembek. hahaha. Kewajiban coba selanjutnya nih, hehe.

Baiklah, begini ya bahannya :
Starter : 
50 ml air hangat 
1-1/4 sendok teh ragi instant (saya pakai fermipan)
65 gr tepung Hongkong atau tepung pau (saya tidak pakai, saya pakai tepung kunci biru)

Bahan Adonan Utama : 
185 gr tepung Hongkong atau tepung pau (saya pakai kunci biru)
62.5 gr gula pasir
1-1/8 sendok teh baking powder (saya pakai merk Koepoe)
2-1/2 sendok teh margarin / mentega putih (saya pakai mentega putih, dan setelah sedikit riset di internet, katanya 5 sendok teh margarin / mentega putih ini ya kira-kira 23.5 gr ya..)
1/8 sendok teh garam
100-115 ml air

Cara Membuat : 
1. Campur semua adonan starter, tunggu 15 menit atau sampai kelihatan berlubang.
2. Siapkan tepung terigu (diayak), gula pasir, baking powder dan garam, aduk rata. 
3. Tambahkan air, uleni, kemudian tambahkan mentega putih / margarin, 
4. Teruskan uleni sampai tidak lengket. 
5. Mangkok bekas tempat menguleni dioles minyak sedikit, kemudian setelah adonan dibulatkan, diamkan dan tutup adonan dengan kain kira-kira 1 jam atau 1,5 jam sampai mengembang 2 kali lipat atau lebih.
6. Selama menunggu, siapkan isian : isian saya adalah Fiesta Seafood - Shrimp Roll yang digoreng, saya potong-potong, dan saya beri kecap asin - manis dan saus sambal - tomat, kemudian saya taburkan abon sapi. Tentu saja isian boleh disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika sedang ingin, boleh juga diisi dengan isian manis. Boleh juga meniru resep isian ayam pedas dengan bawang bombay yang dibuat oleh Mba Endang di resep JTT. Pasti yummy.
7. Jika adonan telah mengembang, bagi adonan sesuai besar yang diinginkan. Saya bagi menjadi 8 bagian, dan saya isi dengan isian saya. Setelah itu saya atur diatas kertas roti, dan saya diamkan selama 15 menit. 5 menit sebelum mengukus, panaskan kukusan. Pastikan air dalam kukusan telah mendidih sewaktu mulai mengukus. Kukus selama 15 menit, dan jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan kain bersih, agar air jangan menetes ke bakpao. 
8. Selamat menikmati !! :D

Link :
Roti Kukus Isi Ayam Pedas & Bawang Bombay
Butter Converter

Resep Kedua yang saya coba menghasilkan bakpoa yang ini :

Hmmm menurut juru cicip sih, tetap masih lebih enak roti / kulit bakpao yang dibuat dengan resep pertama dengan resep yang dimuat oleh Mba Endang di JTT :)

Link Resep yang kedua : Resep Dasar Kulit Bakpao

Resep Ketiga yang saya coba adalah dari Happy Home Baking. Resep ini eksekusinya mudah sekali, dan cepat. Sayangnya memang, saya tidak menggunakan tepung Hongkong / Tepung Pao, yaitu tepung khusus untuk bakpao. Saya menggunakan tepung terigu protein rendah merk Kunci Biru. Menurut info, Tepung Pao ini kadar proteinnya lebih tinggi dari Tepung Kunci Biru yang biasanya digunakan untuk pembuatan cake.

Jika waktu terbatas dan tidak mau pakai acara adonan lengket di tangan waktu menguleni (jika tidak menggunakan mixer), maka resep ini yang sebaiknya dipilih. 

Begini tampilannya : 



1 komentar:

tita butler mengatakan...

Ribet euy...bikinin aja ya bel? Hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...