Pages

Selasa, 07 Oktober 2014

Proyek Bolu Gulung Ekonomis (3 telur)


Ini proyek yang sudah jalan sekitar 3 minggu... dengan 3 percobaan, belum ada yg sukses. yang ke tiga, hasilnya bolu terlalu tipis dan selai strawbery kurang enak. yg ke empat, mau coba resep dari dapur khayangan..

3 kali percobaan pertama pakai resep dari cooking with dog tapi 1/2 resep, cuma kemungkinan loyang terlalu besar sehingga hasilnya bolu terlalu tipis..

29 Sep 2014 
Proyek Bolu Gulung ini masih tertunda.. saya sudah coba 5 kali dan masih tetap gagal.. tapi saya belum menyerah... :) yang 2 kali terakhir coba pakai resep dari Bolu Gulung Dapur Khayangan ini, namun kelihatannya kemampuan saya dalam teknik membuat cake harus ditingkatkan. Hasil bolu-nya masih bantat. Kalau dari pengamatan saya, sepertinya saya belum mengaduk margarin cair dengan baik, sehingga belum menyatu dengan adonan dan membuat bolu menjadi bantat. Soal rasa sih, tetap enak... Terakhir mencoba tanggal 14 Sep 2014


Lets see.

7 Okt 2014
Akhirnya setelah percobaan ke 6 tanggal 4 Okt 2014 (Sabtu) kemarin, saya sukses mengeksekusi bolu gulung ini... pakai resep bolu gulung dari Dapur Griya Khayangan, punya Mbak Ita :D wah, bolu gulungnya enak dan lembut.. cuma memang ada sedikit modifikasi bahan (margarin jadi minyak kelapa), dan cara membuat adonannya saya rubah, dari metode all in one jadi metode pisah telur, karena saya ga punya emulsifier.. jadi saya mengikuti saran dari Mba Ita untuk yang tidak punya emulsifier..

Begini ya hasilnya :

di Resep aslinya, mentega cair ditambahkan terakhir di adonan yang sudah kembang dan putih, namun step by step yang saya jalankan seperti ini :
1. Pisahkan 3 butir telur kuning dari putihnya, kocok dengan sebagian dari 50 gram gula pasir di resep ( saya pakai 40 gram), jadi 20 gram gula pasir saya masukan di kuning telur dan saya kocok sampai mengembang.. warna kuning telurnya jadi seperti warna kuning muda yang bagus...
2. Susu bubuk, tepung maizena dan tepung terigu yang sebelumnya sudah saya campur, saya ayak di atas kocokan kuning telur + gula, kemudian saya aduk (sedikit sedikit), sampai tercampur rata, kemudian saya tambahkan minyak kelapa sesuai resep margarin, dan saya aduk lagi pakai spatula, sampai tercampur. setelah itu, adonan kuning telur saya sisihkan dulu
3. Putih telur yang tadi telah saya pisahkan, saya kocok dengan sisa gula (20 gram), sampai kaku dan putih, setelah putih telur kaku dan putih, saya mulai memanaskan oven ke suhu 170C, dan jangan lupa, ini kesempatan terakhir menyiapkan loyang yang sudah dialasi kertas baking. Kemudian saya tuang ke campuran kuning telur dan saya aduk menggunakan spatula sampai tercampur rata. Adonan yang sudah tercampur saya tuang ke loyang, saya ratakan, kemudian sedikit dibanting loyangnya untuk menghilangkan angin.
4 Mulai proses memanggang, hingga 15 menit, Pertama saya gunakan api atas bawah selama 10 menit, kemudian api atas saja, saat adonan kue sudah mengembang.
5. Angkat kue dari oven, lepas kue dari loyang dan kertas baking, dan gulung, kemudian biarkan agak dingin. Sementara menunggu dingin, saya sudah mencuci semua perkakas yang saya pakai untuk mengocok telur tadi, dan saya mulai gunakan lagi untuk buat cream. Susu Kental Manis (SKM), Margarin dan Keju Oles Cheesy saya campurkan dan langsung saya kocok menggunakan mixer sampai menjadi cream.
6. Buka gulungan kue, kemudian oles cream, dan gulung kembali. Bungkus kue yang sudah digulung menggunakan kertas baking, kemudian simpan di chiller beberapa lama sampai cukup dingin. Nah, kue bolu gulung saya kemudian siap saya potong dan fotooooo :D

Saya tidak menggunakan metode yang dipakai di cooking with the dog. Disana putih telur + sebagian gula pasir di kocok duluan, dan disisihkan sementara pengocokan kuning telur dilakukan setelahnya. Hal ini karena setelah beberapa kali mencoba, hasil putih telur yang sudah kaku kadang menjadi cairan. Akhirnya saya putuskan mengocok kuning telur dulu, kemudian putih telur yang baru selesai dikocok kaku saya masukkan dan aduk ke adonan kuning telur, untuk mencegah timbulnya cairan ini.

Bahagianya setelah mencoba 6 kali, dan sukses pada percobaan ke 6 :D Selamat ikut berjuang ya !!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...