Pages

Senin, 13 Oktober 2014

1 Lagi Resep Roti Manis - Versi Yang Lebih Makan Waktu

Resep Roti manis yang ini, hasilnya sangat lembut dan enak, tapi memang.. membuatnya makan lebih banyak waktu. Hasilnya sangat sepadan. Roti lembut, enak, manis, cocok untuk di isi atau dimakan dengan apa saja, mulai dari isian asin sampai isian manis.




Roti ini menggunakan metode yang berbeda dari resep-resep roti manis yang pernah saya coba sebelumnya, yaitu menggunakan starter (adonan biang mungkin ya?). Jadi, ada adonan yang dibuat duluan dan dibiarkan mengembang hingga berbentuk seperti sarang lebah, kemudian ditambahkan sisa adonan dan diuleni hingga kalis. Keseluruhan waktu yang dibutuhkan untuk membuat roti ini hingga siap dimakan minimum 4 jam.. 1 jam untuk starter, minimum 30 menit untuk menguleni, 1 jam untuk membiarkan adonan yang sudha kalis mengembang, beberapa menit lagi untuk membentuk roti, 1 jam lagi untuk membiarkan adonan yang sudah dibentuk mengembang, dan minimum 15 menit untuk mematangkan roti, jika roti dibakar sendiri-sendiri, maksudnya bukan dalam bentuk roti bantal. Makin kecil bentuk roti, makin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mematangkannya.

Bahan-Bahan (Untuk 6 Potong Roti)
Starter :
105 gr Tepung Protein Tinggi (Bread Flour)
45 gr Tepung Protein Sedang (Plain Flour)
(Saya pakai 120 gr Tepung Cakra dan 30 gr Tepung Kunci)
12 gr gula halus (Castor Sugar)
3 gr Ragi Instant (Instant Yeast) =>1/2 sendok teh dan 1/4 sendok teh
120 gr Air (Biasa)

Adonan Utama :
105 gr Tepung Protein Tinggi (Bread Flour)
45 gr Tepung Protein Sedang (Plain Flour)
(Saya pakai 120 gr Tepung Cakra dan 30 gr Tepung Kunci)
48 gr Gula Pasir
1/2 sendok teh Garam (Saya Tidak Pakai)
12 gr Susu Bubuk
45 gr Telur (Telur Ukuran Sedang 1, saya timbang)
27 gr Air
36 gr Mentega / Margarin Tawar (Saya Pakai Blueband untuk Cake)

Cara Membuat :
1. Campur seluruh bahan starter, diamkan sampai berlubang-lubang dan terlihat seperti sarang lebah (untuk saya : 1 jam - 1,5 jam)
2. Setelah adonan starter berbentuk seperti sarang lebah, campurkan seluruh bahan adonan utama kecuali mentega atau margarin bersama adonan starter, dan uleni sampai tercampur rata, kemudian tambahkan mentega / margarin, lanjutkan menguleni sampai kalis.
3. Diamkan adonan yang sudah kalis dalam mangkuk yang sudah dilumuri sedikit minyak dan ditutup dengan kain sampai mengembang hingga 2x. (sekitar 1 jam)
4. Kempeskan adonan yang sudah mengembang 2x, bagi menjadi 6 (berat sekitar 100 gr) dan bentuk, Setelah dibentuk, tutup dengan kain dan biarkan mengembang sekali lagi (30 menit - 1 jam)
5. 10 menit sebelum memanggang, nyalakan oven dengan suhu 180C. Menggunakan kuas, Lapisi adonan roti yang siap dipanggang dengan kocokan telur.
6. Panggang sampai roti menjadi coklat keemasan. Lama pemanggangan tergantung dari panas masing-masing oven dan besar roti yang dipanggang. Bila roti dipanggang sendiri-sendiri, diperlukan sekitar 15 menit, bila roti dipanggang bersama-sama dalam loyang, dibutuhkan sekitar 20-30 menit. Jika menggunakan loyang, sebaiknya loyang dioles sedikit minyak supaya roti tidak menempel di adonan.


Link : 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...