Pages

Kamis, 28 Agustus 2014

Curry Pan / Kare Pan / Roti Goreng Isi Kari Sayuran

Sejak beberapa minggu lalu, saya memang sudah merencanakan untuk mencoba beberapa resep roti kari / curry pan ala jepang.. cuma baru kemarin lah saya menemukan waktu dan mood yang tepat untuk mempraktekannya di dapur... 

Rabu, 27 Agustus 2014, malam, sepulang kantor saya cepat-cepat mempersiapkan langkah pertama.. buat air hangat untuk starter..

Buat Adonan Starter
1. Buat air panas di pemanas air, ukur air di gelas ukur 50 ml untuk campuran air panasnya nanti... yang diperlukan.. 100 ml air hangat 
2. Timbang tepung 100 gr (Cakra), dan timbang tepung lg 100 gr (Cakra juga).. total tepung 200 gr
3. Ukur dengan sendok ukur, 1-1/4 sendok teh ragi instant (fermipan) simpan di mangkok untuk adonan
4. Aduk adonan starter (tepung 100 gr, ragi dan 60 ml air hangat) sampai jadi adonan kasar dan basah, dan tinggalkan selama kira-kira 1 jam / sampai mengembang 2 x.

Buat Kari Sayuran
1. Sambil tunggu adonan starter mengembang, buat isian kari sayurannya.. pertama potong bawang bombay, saya gunakan 1/2 bawang bombay yang besar, dipotong kubus kira-kira 1 cm
2. Bahan lainnya sesuaikan dengan sayuran yang ada di refrigerator saya aja.. kali ini saya pakai kentang, ubi merah (satsuma imo), wortel, dan kacang panjang
3. Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai harum, tambahkan air secukupnya, masukan potongan kentang dan potongan ubi, tunggu air mendidih, kemudian masukan wortel potong, tunggu air mendidih lagi, masukkan kacang panjang, tunggu sebentar, kemudian masukkan kari blok secukupnya (sesuaikan dengan jumlah sayuran, saya sedang punya Golden Curry dari S&B dan saya pakai 2 porsi)
4. Aduk rata semua, sampai kental. Karena saya buat lebih kental untuk Curry Pan ini, air tidak saya tambahkan lagi, terus dinginkan kari

Buat Adonan & Menggoreng Roti
1. Timbang dan siapkan : Gula 20gr, Garam 1/2 sendok teh, sisa Air (40ml), dan Telur 20 gr (1/2 butir), 20 gr Mentega / Margarin (saya pakai Blueband Margarin), dan jangan lupakan Tepung Cakra yang tadi sudah ditimbang 100 gr
2. Tambahkan Gula, Garam, Telur, Sisa Air dan Sisa Tepung ke adonan starter yang telah mengembang 
3. Mulai uleni selama kira-kira 30/40 menit, sampai kalis (tidak lengket dan lembut)
4. Dalam proses menguleni, jangan lupa tambahkan Mentega / Margarin, saya menambahkan di awal (karena tidak baca resep dengan baik), namun bisa juga campur terakhir, kira-kira di menit ke 30 
5. Simpan adonan di mangkuk yang diminyaki, lumuri adonan juga dengan minyak, tutup mangkuk dengan kain / plastik wrap, biarkan mengembang lagi selama 1 jam / sampai mengembang mininal 2x.

6. Kempiskan adonan, bagi adonan menjadi 5 bagian (kemarin punya saya 1 adonan kira2 80gr), dalam prosesnya boleh sambil diuleni sedikit, bulatkan, dan kembali biarkan mengembang sampai 2 x

7. Siapkan sisa telur kocok, tambahkan 1 telur lagi kedalam mangkuk untuk melapis adonan yang sudah diisi, dan tepung roti / panir di mangkuk lain 
8. Setelah mengembang lagi, siapkan adonan untuk diisi, tekan-tekan atau gilas adonan memjadi bundar, isi dengan kari sayuran, gulingkan di kocokan telur, dan lapisi dengan tepung roti, kemudian biarkan sampai mengembang lagi 2x lipat
9. Siapkan minyak di wajan untuk menggoreng, goreng roti sampai berwarna coklat cantik, tiriskan, dan roti siap di serbu :D

Roti ini memang permintaan dari Bos saya di rumah, maka sewaktu telah selesai, kita merasa sangat senang, karena hasilnya roti empuk, mengembang, putih dan enak.. Tugas saya selanjutnya adalah mencoba Yaki Kare Pan dengan resep dari Ochikeron.. saya ingin coba, karena roti ini memang enak, empuk dan membanggakan, namun karena digoreng, jadi saya ingin coba yang di-oven, supaya tidak terlalu banyak minyak di roti :D

Link :
Resep Adonan Roti dari JTT-nya Mba Endang
Youtube Yaki Kare Pan with Ochikeron

Buatan tanggal 28 Sep 2014, Chicken Kare Pan

Yang kali ini isinya ayam goreng yg boneless, dan kare jepang isi kacang polong, bawang bombay, jagung manis, wortel, dan kentang.

Ayam gorengnya sudah dibumbui dulu dengan garam, merica hitam, saus sambal botolan merk dua belibis, dan sedikit minyak goreng, kemudian dibiarkan di kulkas minimal semalaman.

Goreng ayamnya sampai kuning keemasan, kemudian daging dipisahkan dari tulangnya (kalau ayam belum boneless). Rasanya juicy dan yummy.

Resep kali ini, adonan roti saya bagi 6, bukan 5, karena kalau dibagi 5 kebesaran. Masing-masing adonan beratnya 60 gram kira-kira.

Apapun isinya, rotinya tetap enak empuk dan mengembang :D

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...