Pages

Selasa, 05 Agustus 2014

Libur Lebaran Baking Story :D

Heloooo.. sekarang sih sudah Selasa, 5 Agustus 2014, tapi.. kemarin 9 hari libur, bener-bener bikin kesempatan besar untuk mulai baking.. di 2 post kemarin sudah saya post 2 baking experiences yang pertama... yang ini saya post sisanya :D

So, after bikin Raisin Cookies - Trial 1, saya bikin beberapa karya lagi dgn urutan sesuai tanggal :

Oatmeal Raisin Cookies :
Yang ini saya bikin kebanyakan.. tapi ga nyesel sih.. soalnya enak.. tapi buat lidah saya, masih kemanisan. Waktu mau bikin ini, saya sampai keukeuh beli oatmeal, karena sebenernya ga punya oatmeal di rumah secara jarang banget ya makan oatmeal :).. Yang ini saya bikin pake resep dr Joy of Baking dot com, punya Stephany, seperti di Raisin Cookis Trial 1 :)
Begini nih penampakannya :

Asik kan kliatannya? Nah sampai sekarang belum habis tuh, saya pinginnya sih bikin lagi, tapi kurangi gula ya, supaya ga terlalu manis.. di sini saya ga plek ikutin resep, tapi pake gula palem setengah resep, sisanya saya ganti pake gula putih, supaya ga terlalu coklat (gara-gara pengalaman di Raisin Cookis Trial 1).. dan ampir lupa, saya ganti margarin biasa dengan margarin putih.. yang ini bikinnya tergolong sukses laaaah, cuma agak manis sedikit menurut saya :)

Hasil : lebih dari 30 cookies

Lanjut...

Roti Gulung Kismis : Gagal yang Sukses
Naaaaah.. ini saya sok gaya, combine 2 resep dari Just Try and Taste dot com nya Mba Endang, Obsesi Roti yang Roti Gulung Kismis dan Obsesi Roti Unyil.. maksudnya... saya bikin adonan rotinya pakai resep roti unyil, tapi dibikinnya jadi roti gulung kismis, bukan roti unyil.. so.. begini penampakannya :
Kenapa namanya Gagal yang Sukses? naaah.. ini ceritanya.. jadi resep roti unyil ini kan hasilnya kalau 1 resep banyak banget.. jadi saya mau bikin setengah resep ajah... tapiiiiii saya kelupaan.. waktu hitung telur, saya tambah semua.. hasilnyaaaa adonan lengket dan encer... cer .. cer... so saya tambahin tepung beberapa kali (ini pengalaman pertama saya bikin roti :( ) sampe sedih bener saya, saya pikir bakal gagal.. beberapa lama saya tunggu, koq adonan ga bisa mengembang.. saya pikir-pikirr.. eh ternyata telur saya kebanyakan bow.. jadi di resep itu, kalau 1 resep pake telur kuning 3 dan telur putih 1, nah saya nakal, saya bikin telur utuh 2... dadaaaaah.. jadi deh 3 masalah :
1. tepung kurang
2. margarin kurang
3. yeast juga kurang
ampun deh tepok jidat !!!
masalah pertama saya solved dengan tambahin tepung, di prosesnya akhirnya saya tambahin yeast, dan terakhir saya tambahin margarin, karena pas dipegang agak-agak keras, ga selembut bayangan saya dan penampakan adonan ga seperti gambar yang di JTT... akhirnya walau ga terlalu ngembang, saya bakar juga di oven.. dan hasilnya.. ya seperti gambar diatas itu... rotinya jadi siiih, tapi menurut saya agak terlalu padat dan agak keras ya... overall.. masih bisa dimakan.. hihihi..

Hasil 8 buah roti.. 2 agak coklat, 6 lagi lebih terang warnanya..

Lanjut...

Roti Gulung Kismis (LAGI !!)

Hehehe.. karena saya penasaran belum berhasil buat, jadi berikutnya saya buat lagi deh roti gulung kismis dengan kombinasi yang diatas itu... hasilnya kali ini :

Horaaaaay... sukses :D jadi saya happpyyyyy banget ya, rotinya lumayan lembut, enak, panggangnya pas, kismisnya pas juga :D

Hasil 6 buah roti yang cantik :D

Lanjut...

Green Tea Cookies
Saya kan sudah lama banget ya pengen banget bikin biskuit yang mirip bangkit gitu.. dan kebetulan kan memang ada green tea powder yang biasa saya seduh di rumah.. saya intip resepnya dari Japanese Cooking 101.. ada nih resep green tea cookies ini.. dan mulailah saya coba buat ya... hasilnya? oke kita lihat..


Hasil 36 keping green tea cookies yang manisnya pas, rasa green teanya juga lumayan, so.. oke sih, tapi menurut saya bentuknya saja ya yang kurang oke, saya ga punya cookie-cutter, jadi akhirnya saya potong-potong pakai pisau biasa :D Sedikit catatan untuk diri sendiri ya... sekali ini saya agak kelebihan kocok margarin lagi.. jadi adonan saya sekali lagi agak terlalu encer walau sudah saya dinginin di refrigerator selama 1 jam sebelum dibentuk :D terlalu semangat :D

Lanjut...

Roti Sobek Manis Tangzhong Method

Naaaaah yang ini saya pake resep dari suatu blogspot yang namanya dapur jujun dot blogspot dot com... saya pake setengah resep... karena kalau 1 resep dapat 2 loyang roti.. yang ukuran 24x10x7.. sedangkan saya cuma punya 1 loyang roti ukuran 22x10x7.. :D

Saya sudah lama pingin banget coba metode tangzhong ini. Pertama baca mengenai metode ini adalah dari Mba Endang yang saya kagumi di JTT website.. terus dari situ saya browsing-browsing lagi. Penasaran saya, katanya pakai metode ini, roti jadi lembut lebih lama, dan lebih fluffy.. akhirnya saya coba loh metode ini.. sebenarnya saya sering pake metode ini untuk bikin Kimchi kesukaan saya.. tapi yg ini saya pakai untuk roti :D dan waktu itu saya ga tau bahwa metode ini namanya tangzhong method :P

Hasilnya? oke lah, lembut dan membanggakan, kata langganan saya di rumah : wah bagus dan enak, bisa dijual.. :D Begini ya penampakannya :

Gimanaaa kelihatannya yummy ya !! :D hehehe saya bangga banget loh sama roti ini, waktu adonan aja, sudah kliatan enaknya :P

Link : Dapur Jujun Roti Sobek Tawar 

Okeh, segitu dulu ya ceritanya, nanti pasti lanjut lagi nih, dengan beberapa cerita baking saya :P

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...