Pages

Rabu, 20 Agustus 2014

Weekend 16th-17th Baking & Cooking : Miso Soup, Pizza (sekaligus Saus Pasta), My Favourite Banana Bread, & Catterpilar Bread

Akhir minggu ini saya berkarya membuat beberapa makanan.. sebenarnya saya berniat untuk mencoba sebuah resep pizza, sebuah resep roti, dan sebuah resep diet cookies.. namun saya memutuskan untuk membatalkan rencana mencoba diet cookies, karena persediaan cookies saya di kulkas masih bertumpuk :D

So, bermula di Jumat malam tanggal 15th Aug 2014.. sepulang dari kantor (macetnya aduhai), saya mempersiapkan nasi dan sup miso untuk dinner.. sekaligus memotong tomat, bawang bombay dan shitake favorite saya untuk saus spagheti dan pizza andalan :D kali ini saya lupa menggunakan bawang putih dalam resep.. hehehe.. namun untungnya, tidak terlalu mengganggu lidah.. rasa saus saya masih tetap mantap.. Sayang sekali, untuk Sup Miso dan Nasi kacang polong tidak sempat saya abadikan.. karena lupa diri, langsung saya santap untuk mengisi perut saya... hehehe

Preparation for Miso Soup & Pasta Sauce and Rice
Daging ayam cincang beku saya keluarkan sepotong dari freezer untuk saus pasta.. done..
Rendam Jamur Shitake untuk di potong.. done..
Beras saya campur dengan kacang polong beku, saya cuci dan saya siapkan di rice cooker.. done..
Bawang bombay saya potong, setengah saya iris tipis (untuk saus pasta), setengah lagi saya potong besar-besar (untuk sup miso), kebetulan bawang bombay yang saya pakai kali ini ukurannya cukup besar.. done..
Lobak Daikon dalam potongan besar untuk sup miso.. done..
Ubi Merah saya kupas dan potong-potong besar, untuk miso... done..
Iris Jamur Shitake tipis-tipis untuk saus pasta.. done.. 
Iris potongan kecil Tomat untuk saus pasta.. done..

Membuat Sup Miso
Rebus air sampai mendidih, masukkan potongan Lobak Daikon, Ubi Merah dan Bawang Bombay, juga potongan Wakame. Tunggu sampai Lobak menjadi lunak.. kemudian masukkan bumbu miso dan dashi.. aduk dan coba.. jika rasa sudah sesuai selera, matikan api... done..

Membuat Saus Pasta
Sedikit minyak untuk menumis, masukkan bawang bombay, masukkan shitake iris, tumis sampai harum.. masukkan garam dan merica, masukkan daging ayam cincang, masukan daun oregano kering, aduk-aduk, sampai warna daging ayam cincang berubah, masukkan irisan tomat, tuang sedikit air (saya pakai air rendaman shitake), tutup wajan, tunggu sampai tomat menjadi saus dan sedikit kental dengan api kecil.. sekali-sekali diaduk, kemudian tambahkan sedikit gula dan karena saya ingin warnanya sedikit lebih merah, saya tambahkan sedikit saus tomat botolan.... coba rasanya.. jika sudah cocok dengan selera, matikan api.. done..

Membuat Adonan Pizza
Sebenarnya saya belum ada rencana untuk menguleni adonan pizza di malam itu, namun karena kesulitan untuk tidur, akhirnya saya putuskan untuk memulai dengan adonan pizza, sehingga bisa saya simpan semalam dalam fridge. So saya mulai siapkan bahan-bahannya secepat kilat.. secara anggota di rumah cuma 2 ekor, jadi saya buat setengah resep aja.. 

1. Saya dinginkan air putih 200 ml, saya campur sekalian dengan minyak zaitun (olive oil) 25 ml
2. Siapkan 2 plastik untuk tempat menyimpan adonan yang sudah kalis di dalam freezer 1 bongkah, dan di dalam chiller 1 bongkah.. karena saya ingin simpan 1/2 dari adonan tersebut untuk dipakai jika ingin, dan 1/2 lagi akan saya siapkan untuk makan siang besoknya (sabtu)
3. Tepung ditimbang (250gr), saya pakai cakra, dan saya masukkan ke dalam panci stainless steel saya..
4. 1/2 sdt Fermipan, saya aduk rata dengan tepung,
5. 3/4 sdt garam.. saya campur ke adukan tepung dengan fermipan..
Setelah air cukup dingin, saya tuang air ke adukan tepung, saya aduk menggunakan sendok, dan mulai saya uleni.. setelah kalis, saya bagi adonan menjadi dua bongkah, lumuri masing-masing adonan dengan minyak sayur, dan sesuai rencana, saya simpan dalam kantong plastik dan saya masukkan 1 plastik ke dalam freezer dan 1 lagi ke dalam chiller...

Link Resep Dasar Adonan Pizza : Resep Pizza Pepperoni dari JTT dengan Mba Endang

Tak terasa Jumat malam berlalu dengan cepat.. sudah jam-nya tidur... zzzz...

Sabtu 16th Aug 2014, saya memulai hari dengan siap-siapin bahan untuk my lovely banana bread.. nyam-nyam.. hari ini saya memang bermaksud untuk pergi ke Thamrin City sekitar jam 10 pagi.. Ada kerjaan.. so saya mulai timbang-timbang.. (untuk 1/2 resep ya..)

1/2 Resep Banana Bread
1. timbang margarin sekitar 57 gr, saya panasin di panci, dan saya taruh supaya ga panas lagi..
2. kluarin 1 buah pisang dari fridge.. saya kupas.. trus saya potong dan ceburin di panci margarin.. ambil garpu dan mash the banana.. trus dilanjutkan dengan pecahin 1 butir telur dan dikocok sekalian dalam panci margarin dan pisang.. menggunakan baloon whisk... sudah deh, wet ingredients siap.. :D di resep asli pakai pure vanila extract di wet ingredients ini, tapi saya pakai yang bubuk, jadi saya campur di tepung saya..
3. 115 gr tepung terigu segitiga
4. 75 gr gula putih
5. 1/2 teaspoon vanila
6. 1/2 teaspoon baking powder
7. 1/8 teaspoon baking soda
8. salt sedikit, karena saya pakai margarin kan..
(diresep asli harusnya saya pakai 1/8 teaspoon)
9. 1/2 teaspoon ground cinamon atau kayu manis bubuk..
10. nyalakan oven di suhu 180C, untuk dipakai berikutnya..
11. Campur (menggunakan spatula karet) Wet Ingredients dengan semua dry ingredients yang sudah di aduk rata, kemudian tuang di loyang cetakan cup cake saya.. jadi pas untuk 6 buah individual banana bread.. kemudian masukkan ke oven.. set the timer 50 menit.. terus saya mandi dan makan, siap-siap untuk kerja..
Nah hasil banana bread-nya.. ya gambar di samping itu.. :D keren ya kliatannya..
Rasanya? enak, teksturnya kasar dan kalau digigit kenyal.... hmmm.. banana bread saya habiskan di sarapan hari Senin..

Link Resep Banana Bread : Banana Bread dari Joy of Baking dot com

Restaurant Reviews : Menu Paket Makan Siang Hemat, Izakaya Taichan, Blok M
Hari Sabtu Siang ini memang saya ada jadwal ke Thamrin City.. kemudian rencananya makan diluar.. nanti mau diputuskan di perjalanan, mau jadi makan ke mana.. hip-hip.. setelah mampir di Thamrin City, akhirnya kita putuskan untuk ke Blok M, makan di Izakaya Taichan :D
Paket makan siang disitu murah dan enak.. saya sudah idam-idamkan sejak lama untuk balik ke sana lagi, dan akhirnyaaaa :D Ini foto-nya.. yummy... Kita pesan 2 paket makan siang hemat disana.. yang 1 adalah paket katsu dengan niku jaga, dan 1 lagi adalah paket beef katsu dengan butta katsu (hehehe).. semua lengkap dengan nasi, 1 tsukemono, 1 miso soup, dan 1 wadah kecil niku jaga dan ga lupa, teh (boleh pilih teh hangat atau teh dingin, tawar yaa..) Rasanya? jangan tanya.... enaaaaak... dan benar-benar harus dicoba ya.. kalau belum pernah coba.. ini mengingatkan saya akan sesi-sesi makan saya jika saya sedang di Tomiya, Miyagi-Ken, saat saya makan masakan mertua saya yang tercantik, dan cuma punya tugas cuci piring ga perlu masak apapun tapi makan enak  :D pendeknya, makan paket ini puas dan enaaaak....!!! Oh, hampir lupa.. pasti ada yang tanya masalah harga ya.. nah harganya sekitar Rp 50.000 per paket, belum termasuk pajak..


Dari situ kita mampir di Daisho.. dan beli plastic wrap, baking paper, rolling pin.. dan after that pulang..
Ada yang belum pernah dengar Daisho.. ? itu looh.. itu toko yang harganya semua serba 22rb rupiah aja.. Hari ini saya menyesal ga sekalian beli alumunium foil.. karena saya saat ini pengen banget praktekin resep Buffalo Chicken Wings :D dan salah satu step yang mau saya coba adalah memanggang di oven menggunakan alas alumunium foil.. nanti saya cerita ya mengenai Chicken Wing ini di posting berikutnya..

Memanggang Pizza
Segera setelah tiba di rumah, saya cek adonan kulit pizza saya, yang semalam sudah saya simpan di chiller dan di freezer.. yang di chiller mengembang.. dan yg di freezer, seperti yang diharapkan.. freezing dengan baik :D wah senangnya.. Saya keluarkan yang saya simpan di chiller.. dan mulai saya siapkan loyang (saya kasih olesan minyak), isian saus pasta yang kemarin sudah saya buat, dan oven.. saya panaskan di 190C 10 menit sebelum saya masukan adonan pizza.. Adonan pizza sudah saya terangkan di atas ya.. kalau ada yang belum baca, silahkan scroll ke atas...
1. Saya keluarkan adonan dari plastiknya.. adonannya ga lengket, meluncur dengan mulus keluar dari plastiknya... langsung saya tempatkan saja di loyangnya (loyang saya 24x24 kotak) dan saya atur adonan di loyang.. wah, thanks to Mba Endang dari JTT nih... tips-tips nya sangat bergunaaa.. adonan gampang banget dibentuk dan ga lengket di tangan.. setelah itu.. saya tunggu sampai adonan ga dingin lagi..
2. Saya atur isian, yaitu saus pasta yang kemarin saya buat, termasuk sisa keju mozarela saya yang saya simpan di freezer.. karena saya ga punya parutan, keju ga saya parut, cuma saya potong-potong kecil dan saya tabur sedikit di atas adonan yang sudah di kasih saus.....
3. Saya panggang ya di oven yang sudah saya panaskan 10 menit sebelumnya...
4. Saya tunggu.. adonan matang.. menurut infoh.. sekitar 25 menit ya.. saya liat saja sampai ga basah lagi dan sedikit coklat pinggirnya.. dan... ini ya hasilnya... sebelum dan setelah di oven.. oh hampir lupa lagi, kira-kira 5 menit sebelum selesai oven, saya sempat mengeluarkan pizza dan menambahkan sedikit saus di atas keju, jadi di pizza yang sudah jadi tidak terlalu kelihatan jejak-jejak mozzarela saya.. :D

Yuuuuum.... Roti Pizza nya enak sekali, lembut dan rasanya lezat.. saus pastanya cihuy.. (ini namanya ngalem diri sendiri.. hehehe).. silahkan ya kalau mau coba.. ini link resepnya sekali lagi kalau malas scroll ke atas..


Link Resep Dasar Adonan Pizza : Resep Pizza Pepperoni dari JTT dengan Mba Endang

So, hari Sabtu ini saya akhiri petualangan baking saya dengan mengganyang pizza handmade :D dan 1 loyang segera habis tanpa sisa oleh 2 ekor orang yang cukup rakus :D



Pagi hari Minggu ceria 17th Aug 2014 :D saya planning untuk bersantai-santai di rumah dan makan roti buatan sendiri, lagi ! wkwkwk :D

Mulai pagi ini dengan persiapan pembuatan Roti Ulat Bulu yang sudah saya rencanakan sejak 11 Agustus yang lalu.. Nah, step by step nya akan saya share di postingan lain.. namun.. disini akan saya pasang foto hasil buat Catterpilar Bread saya :D

Link Resep Catterpilar Bread : Catterpilar Bread 

Saya nanti akan kembali latihan dengan Roti Ulat Bulu ini, dan akan saya posting lagi ya hasilnya.. adonan roti yang saya simpan di freezer saya masih cukup untuk membuat 3 roti ini lagi... kali ini saya akan tambahkan abon diatasnya :D

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...